Apa Penyebab Keluar Darah Saat BAB

Apa Penyebab Keluar Darah Saat BAB _ Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Apa Penyebab Keluar Darah Saat BAB yang disebabkan oleh ambeien atau wasir,tetapi sebelumnya kita kenali lebih dekat dahulu apa gejala,penyebab dan bagaimana cara mencegahnya. Ambeien atau Wasir yaitu pembengkakan pada pembuluh darah vena di anus dan usus besar sebelah bawah.Ambeien bisa dalami oleh semua orang baik pria ataupun wanita.Ambeien memang termasuk salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh masyarakat, namun demikian wasir atau ambeien bukan termasuk masalah serius yang mengancam jiwa tetapi jika wasir / ambeien terus dibiarkan lalu wasir tersebut menjadi parah, banyak penderitanya merasa menderita dan terpaksa harus menjalani tindakan operasi pengangkatan benjolan Ambeien. Apa Penyebab Keluar Darah Saat BAB?

Jenis Penyakit Wasir Ambeien
Wasir atau ambeien ada dua macam, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Jika tidak ditangani bisa terlihat muncul menonjol ke luar seperti wasir luar. Gejala wasir dalam adalah suka ada darah yang keluar dari anus saat buang air besar. Jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus diambil tindakan operasi untuk membuang wasir.

Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati. Sedangkan, wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal. Apa Penyebab Keluar Darah Saat BAB?

Pada wasir luar, kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada di luar anus hingga gampang terlihat. Gejala umum wasir luar adalah rasa sakit ataunyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Darah yang pecah tidak keluar namun berkumpul menjadi trombus (darah beku).

Tingkatan Stadium Penyakit Wasir Ambeien
Penyakit wasir juga mempunyai stadium-stadium tertentu dibedakan dari tingkat keparahannya. Sedikitnya ada empat stadium ambeien yang umumnya terjadi, yaitu:

  • Ambeien stadium I. Stadium ini ditandai dengan mulai timbulnya rasa tidak nyaman dan seperti ada yang mengganjal di dalam anus. Kejadian ini biasanya Anda rasakan saat duduk dan berjalan. Tanda-tanda lain adalah sering terasa gatal dan panas di sekitar anus.
  • Ambeien stadium II. Stadium ini ditandai dengan adanya bercak darah pada kotoran yang keluar dari anus. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan kotoran pada pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Dalam stadium ini biasanya muncul tonjolan berwarna ungu kehitaman yang keluar dari dubur saat Anda jongkok dan BAB. Namun benjolan itu bisa masuk dengan sendirinya.
  • Ambeien stadium III. Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan dari anus yang tidak bisa kembali masuk dengan sendirinya. Anda harus memasukkannya dengan jari tangan untuk bisa kembali dalam posisi normal. Pastinya keluarnya tonjolan itu disertai dengan tetesan atau bercak-bercak darah karena adanya luka pada pembuluh darah yang membengkak.
  • Ambeien stadium IV. Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan yang tidak bisa kembali masuk lagi meski pun sudah dimasukkan dengan jari tangan. Tonjolan itu selalu kembali keluar disertai dengan bercak-bercak darah. Pada stadium ini, Anda dianjurkan untuk menjalani tindakan penyembuhan secara medis. Bisa dengan operasi, tembak laser dan sebagainya. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk melakukan penggabungan tindakan medis dengan herbal ambeien. Proses penyembuhan dan pemulihannya jauh lebih cepat dibanding jika Anda tidak melakukan penggabungan.

Apa Penyebab Keluar Darah Saat BAB? Penyebab umum wasir adalah terjadinya tekanan yang terlalu keras pada dinding rectum atau anus yang menyebabkan terjadi gesekan terlalu keras pada dinding-dinding tersebut sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan pada daerah tersebut. Penekanan ini bisa terjadi akibat terjadinya sembelit atau konstipasi, karena konstipasi menyebabkan tinja menjadi terlalu keras sehingga saat mengeluarkannya membuat tubuh mengejan terlalu keras saat buang air besar, saat melahirkan dan terlalu banyak duduk atau berdiri juga dapat mempengaruhi terjadinya wasir.

Dan wasir ini biasanya lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria tertama pada wanita usia diatas 25 tahun, jarang terjadi pada wanita usia dibawah 20 tahun kecuali pada wanita hamil. Karena sembelit lebih sering dialami oleh wanita karena beberapa faktor serta wanita juga mengalami masa-masa yang berbeda daripada pria seperti mengalami masa kehamilan dan persalinan dimana hal ini lebih membuat seseorang rentan mengalami wasir.

Apa Penyebab Keluar Darah Saat BAB? Penyebab wasir ambeien yang merupakan sembelit mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah balik diikuti dengan mekarnya otot-otot. Beberapa gejala dan tanda-tanda dari wasir ambeien juga ditunjukkan dengan beberapa hal diantaranya:

  • Awalnya akan timbul rasa panas, gatal, dan nyeri pada dubur.
  • Adanya tonjolan keluar dari rectum pada saat buang air besar. Tonjolan menjadi lebih besar seiring dengan tekanan abdominal (perut).
  • Pendarahan ringan dan radang dari rectum. Dalam banyak kasus, darah segar keluar bersama feses sewaktu buang air besar.

Anus sebagai jalan pengeluaran sisa makanan yang dilengkapi dengan otot lingkar yang elastic, dapat membuka dan menutup secara otomatis sesuai dengan aktivitas tubuh. Namun, jika terkena infeksi, elastisitas otot lingkar tersebut berkurang dan akan terasa sakit saat membuka. Jika keadaan seperti ini dibiarkan berlarut-larut, bisa mengakibatkan pembengkakan dan luka. Penderita wasir seperti ini sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang yang pedas dan harus menjaga kebersihan disekitar anusnya.

Gejala Pada Penderita Wasir / Ambeien

Penyakit Ambeien atau Wasir bisa mengeluarkan darah terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk atau tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Lama kelamaan wasir dapat menyebabkan kehilangan darah yang berat atau anemia sehingga memerlukan transfusi darah. Penyakit Ambeien atau Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya.
Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah. Terkadang Penyakit Ambeien atau Wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bisa menjadi gejala dari wasir. Rasa gatal ini terjadi karena keadaan wasir yang terkeluar itu menghambat pembersihan anus secara efisien,dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari feses menumpuk pada kulit perianal dan bekerja sebagai iritan. Iritan ini dapat berpotensi menjadi kanker bila tidak segera ditangani.
Konsultasi gratis
WA : 0857-1558-5781
CALL/SMS : 0851-3040-6868
BBM : 7E6C5F4D